Kamis, 29 September 2016

BERAU KOTA SANGGAM






   Berau di sebut juga bumi batiwakkal adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur, berau memiliki ibu kota yaitu Tanjung Redeb. Sebelum menjadi kabupaten, berau adalah sebuah kerajaan yaitu kesultanan berau pada abad ke-14.
     Berau memiliki berbagai macam budaya salah satunya adalah pawai budaya yang selalu di selenggarakan pada hari jadi berau, pawai budaya memperlihatkan kebudayaan kabupaten berau seperti suku banua, bajau dan dayak, dan ada juga pesta rakyat yang dilakukan oleh masyarakat berau yang diberi nama Irau Manutung jukut yang berarti pesta bakar ikan yang selalu di selenggarakan pada hari jadi kota kabupaten berau yang menyediakan ikan sekitar 2 ton.

      Berau memiliki berbagai macam makanan khas seperti kue telinga sagayi yang dibuat dengan gula merah, rangai yang di buat dari tepung beras ketan, gula pasir dan kelapa, dan ada juga udang jarrang asam alias sayur asam udang. Berau juga memiliki tempat pariwisata yang terkenal disana seperti pulau derawan, pulau kakaban yaitu pulau yang memiliki berbagai macam jenis ubur-ubur, labuan cermin dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar